Himpunan Mahasiswa Lombok (HIPMAL) Singaraja

HIMPUNAN MAHASISWA LOMBOK

(HIPMAL)

(Lombok Association Of University Students)
Tahun 2016 – 2017
Sekretariat: Jln. Ngurah Rai No. 12 Singaraja-Bali Kode Pos 81112 CP.085237944596
Profil Himpunan Mahasiswa Lombok


syahrulutama.wordpress.com, Singaraja – Pemuda-pemuda mahasiswa Lombok sadar akan arti pentingnya pendidikan, sehingga berusaha mengambil peran dalam memajukan daerah. Hal ini terlihat dari banyaknya putra-putri lombok yang menimba ilmu di berbagai perguruan tinggi setempat yang berpusat di kota Mataram.

HIPMAL WEB 1
Pelepasan Wisuda November 2016 (Foto: Sie Pubdekdok)

Meskipun di daerah (baca: Lombok) sudah ada perguruan tinggi, akan tetapi kebutuhan setiap orang tentunya berbeda melihat situasi dan kondisi yang ada. Tidak heran kiranya, jika banyak putra-putri lombok yang mengambil inisiatif untuk menuntut ilmu dan mencari pengalaman di luar daerah. Sampai saat ini, ribuan putra dan putri daerah asal Lombok menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada juga yang menuntut ilmu ke luar negeri.

HIPMAL WEB 2
Pelepasan Wisuda Maret 2017 (Foto: Sie Pubdekdok)

Kota Singaraja sebagai kota pendidikan di Propinsi Bali, merupakan salah satu kota yang diminati oleh pemuda-pemuda asal Lombok sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan dan menggali pengalaman. Terlihat dari daftar peminat SNMPTN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan SMBJM (Seleksi Mahasiswa Baru Jalur Mandiri) selalu mengalami peningkatan tiap Tahunnya, baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. Berdasarkan catatan untuk setiap tahunnya, tercatat 15-25 mahasiswa Lombok diwisuda oleh berbagai Lembaga pendidikan Tinggi yang notabene mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha/UNDIKSHA. Adapun berdasarkan penerimaan mahasiswa khususnya dari Lombok tercatat kurang lebih 30 mahasiswa pertahun. Khususnya untuk Tahun 2016 tercatat melebihi 30 mahasiswa yang diterima.

HIPMAL WEB 3
Pelepasan Wisuda Agustus 2017 (Foto: Sie Pubdekdok)

Dalam perkembangannya, banyaknya mahasiswa Lombok yang ada di daerah rantau khususnya Singaraja telah memberikan sumbangsih positif berupa prestasi-prestasi yang mengangkat nama daerah Lombok baik prestasi akademik maupun prestasi pada kegiatan ekstrakurikuler. Bahkan, dalam bidang sosial, mahasiswa Lombok banyak mengambil peran, misalnya sebagai pengurus pada yayasan-yayasan sosial, pondok pesantren, panti asuhan, unit kreativitas mahasiswa (UKM), organisasi internal kampus, organisasi eksternal kampus dan sebagainya. Akan tetapi tidak dapat disangkal dengan banyaknya pula, akan melahirkan berbagai pemikiran dan tindakan yang harus diarahkan kepada hal-hal yang sifatnya positif. Disinilah diperlukannya suatu wadah sebagai sarana pemersatu mahasiswa Lombok, sehingga berbagai kepentingan yang melahirkan pemikiran-pemikiran dan tindakan-tindakan yang dapat terakomodir sebagai suatu hal yang positif. Kebutuhan akan adanya wadah pemersatu mahasiswa Lombok yang menuntut ilmu di Singaraja dan didukung oleh kebulatan tekad untuk memajukan daerah asal. Akhirnya terlahirlah sebuah organisasi paguyuban Himpunan Mahasiswa Lombok (HIPMAL) di Singaraja.

HIPMAL WEB 4
Ratam Hipmal Oktober 2016 (Foto: Sie Pubdekdok)

HIPMAL adalah organisasi ke-mahasiswa-an yang dibentuk atas aspirasi mahasiswa Lombok yang menuntut ilmu di Singaraja. HIPMAL yang merupakan sebuah organisasi paguyuban lebih mengutamakan kebersamaan dan persaudaraan. Aspirasi tersebut lahir dari realita yang ada, di mana organisasi sebelumnya yang bernama IKBAL (Ikatan Keluarga Besar Lombok) hanya mampu menjangkau kalangan pelajar dan mahasiswa. Padahal telah jelas dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga IKBAL, bahwa anggota IKBAL adalah seluruh lapisan masyarakat asal Lombok yang berdomisili di Singaraja. Akan tetapi dalam pelaksanaan program kerja lebih didominasi oleh kalangan mahasiswa, mengingat keterbatasan dan kendala yang ada pada golongan tua. Hal ini merupakan ketimpangan dalam perjalanan roda organisasi, karena pengurus mengalami kesulitan mengenai hak dan kewajiban anggota terkait pembagian agenda kerja.

HIPMAL WEB 5
Musyawarah Anggota 2017 (Foto: Sie Pubdekdok)

Setelah terbentuknya HIPMAL bukan berarti IKBAL hilang tanpa jejak. Malah IKBAL semakin eksis dengan beranggotakan orang-orang Lombok non mahasiswa, baik itu dari kalangan penguasaha, pedagang, pegawai maupun TNI, lebih-lebih setelah terpilihnya Ketua Umum dan perangkat-perangkatnya. Dalam pelaksanaan program kerja kedua organisasi ini (HIPMAL dan IKBAL) tetap melakukan koordinasi sehingga nampak jelas adanya pembagian kerja sesuai dengan fungsi dan bidangnya masing-masing.

Dalam pencapaian tujuan yang direpresentasikan pada program kerja ini tentu membutuhkan motivasi dan dukungan dari semua pihak yang sifatnya moril dan materil. Adanya kontribusi yang datang dari luar terutama dari pihak yang bersifat institusional merupakan sebuah kekuatan dalam pelaksanaan operasional organisasi. Oleh karena itu, terwujudnya tujuan Himpunan Mahasiswa Lombok (HIPMAL) akan sangat ditentukan oleh dukungan semua pihak.

HIPMAL WEB 6
Silaturahmi & Acara Pertemuan Lainnya (Foto: Istimewa)
https://soundcloud.com/syahrul20_utama/tulus-angen

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.